Sabtu, 27 November 2010

Tentang Baju Pesta

Ada bulan-bulan tertentu dalam satu tahun yang mungkin membuat Anda sibuk menghadiri berbagai acara seperti pernikahan, halal bihalal setelah lebaran, ulang tahun teman Anda, dll. Saat bulan haji kemungkinan Anda akan banyak menerima banyak undangan pernikahan. Saat liburan sekolah tiba, Anda mungkin juga akan banyak menerima undangan sunatan. Beragam undangan tersebut kadang membuat Anda merasa bingung memilih Baju Pesta yang Anda akan kenakan.
Untuk urusan yang satu ini, biasanya yang paling repot adalah kaum hawa. Karena wanita selalu ingin tampil cantik dan chic dimana pun mereka berada. Meskipun baju pesta sudah mempunyai standar sendiri, tetap saja para wanita mempunyai tantangan tersendiri dalam memilih baju yang akan mereka dikenakan saat pesta berlangsung. Apakah Anda kadang merasa bingung mengenai hal ini? Jangan khawatir, Anda bukan satu-satunya :)
Agar kebingungan Anda tidak berlarut-larut, dalam memilih baju pesta, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:


Jenis Acara
Mengetahui jenis acara yang akan Anda hadiri sangatlah penting untuk mencegah Anda saltum (salah kostum). Sebelum menghadiri suatu acara, lebih baik Anda mencermati acara apa yang akan Anda hadiri, baju pesta untuk pernikahan berbeda dengan baju yang akan Anda kenakan saat family gathering yang diadakan oleh kantor Anda.
Biasanya untuk menghadiri pesta pernikahan, baju yang akan dikenakan adalah pakaian yang berbentuk gaun sedangkan untuk menghadiri acara family gathering, pakaian yang dikenakan biasanya lebih santai dan casual. Salah mengenali jenis acara, bisa-bisa Anda mengenakan pakaian family gathering untuk acara pesta pernikahan dan sebaliknya.

Waktu dan Tempat Acara Berlangsung

Setelah Anda mengetahui secara pasti acara yang akan Anda hadiri, waktu dan tempat berlangsung pun harus Anda cermati. Jangan sampai pakaian yang Anda kenakan saat pesta membuat Anda susah bergerak sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman.
Acara pernikahan misalnya, saat ini tidak hanya dilakukan di dalam ruangan yang tertutup, ada beberapa pernikahan yang mengambil konsep pesta kebun untuk resepsi pernikahan. Waktu pelaksanaan pesta kebun untuk resepsi pernikahan itu pun tidak melulu dilakukan malam hari. Bila Anda sudah mengetahui jenis acara, waktu serta tempat acara berlangsung, Anda akan sangat mudah menentukan baju pesta apa yang akan Anda gunakan.
Untuk menghadiri pesta pernikahan dengan konsep pesta kebun yang akan dilakukan pada siang hari, Anda dapat memilih pakaian yang dibuat dari jenis kain yang menyerap keringat dan tidak panas seperti katun. Sepatu atau sandal yang Anda gunakan baiknya yang flat atau mempunyai hak sepatu yang tidak terlalu tinggi.
Biasanya, sebagian besar waktu kegiatan di pesta kebun, dilakukan sambil berdiri (standing party). Anda tidak mau harus buru-buru pulang atau meringis sepanjang pesta karena kaki Anda menjerit kecapekan disebabkan sepatu berhak lima puluh sentimeter yang Anda kenakan, kan? :D

Tentukan Warna Anda

Warna tidak kalah penting untuk membuat Anda tampil cantik saat pesta. Warna yang tepat akan membuat Anda terlihat bersinar dan cerah. Sebaliknya, salah memilih warna pakaian yang akan Anda kenakan akan mengakibatkan Anda terlihat pucat atau bahkan kusam. Bila dahulu baju pesta di dominasi dengan warna hitam karena dianggap lebih formil dan anggun, warna-warna yang lain pun tidak kalah anggun dengan warna hitam.
Warna baby pink dan biru muda tampak manis digunakan untuk acara pesta kebun. Warna merah marun terlihat anggun dan membuat cerah kulit orang yang memakainya bila kulit Anda berwarna cukup terang. Sekarang ini, berbagai warna sah digunakan untuk baju pesta, tidak selalu harus di dominasi oleh warna hitam.

Aksesoris

Ini adalah sentuhan terakhir untuk penampilan Anda. Tetapi hati-hati, salah memilih aksesoris yang akan Anda kenakan akan menghancurkan penampilan cantik Anda dengan baju pesta yang sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari. Bila baju pesta Anda sudah ramai dengan motif atau bordir, sebaiknya Anda menambahkan aksesoris kecil yang tidak terlalu berat dengan berbagai ornamen seperti bros yang warnanya senada dengan salah satu motif pakaian Anda.
Wanita yang berjilbab bahkan dapat menggunakan jilbab yang mereka kenakan sebagai salah satu aksesoris. Jilbab yang digunakan untuk acara pesta dapat dimodifikasi dengan memberikan aksesoris seperti pita, bros, korsase bunga, dll. Warna jilbab pun bisa dikombinasikan sesuai dengan motif baju pesta yang mereka kenakan. Sehingga wanita berjilbab pun bisa tampil modis tetapi tetap sesuai syariat.
Ternyata tidak begitu banyak yang harus dipersiapkan untuk tampil cantik, anggun, chic dan yang terpenting tidak salah kostum di acara yang akan Anda hadiri, kan? Selamat berpesta dengan cantik

0 komentar:

Posting Komentar