Sabtu, 27 November 2010

KEBAYA

Kebaya identik dengan wanita jawa. Ah… nampaknya kalimat itu tidak bisa terpakai lagi di zaman sekarang. Perkembangan dunia fashion saat ini tengah menghadirkan berbagai evolusi besar dalam penciptaan busana, termasuk kebaya. Kini, kebaya tidak lagi terlihat kuno, malah hanya kesan modern yang tertangkap dari busana ini. Image kebaya telah berubah 180 derajat di tangan para designer ternama.
Sebut saja Amy Atmanto yang setiap tahunnya selalu menghadirkan kreasi baru kebaya modern, baik secara pola, siluet, cutting, maupun material. Di tangan Amy, kebaya bukan hanya berbahan sutra, katun, ataupun beludru, melainkan merambah ke jalur sifon, shantung, lace, ataupun jenis tekstil lainnya, yang kemudian ditingkahi teknik bordir, renda, pilin, lipit, layer hingga quilt untuk mewarnai kemegahan kebaya.
Tidak ketinggalan juga aplikasi ornamen penuh kilau macam payet, kristal, atau batu-batu mulia. Kebaya modern bukan lagi sebuah busana, melainkan sebuah karya seni. Alasan itu juga yang membuat Amy menyebut setiap koleksinya sebagai masterpiece.

0 komentar:

Posting Komentar