Sabtu, 27 November 2010

Kebaya Gaul, Inovasi untuk Anak Muda

Kebaya pakaian tradisional jawa sebagai salah satu pakaian tradisional yang mampu bertahan di tengah masyarakat modern dan selalu dapat mengikuti trend mode. Bertahannya kebaya sampai hari inipun bukan tanpa alasan, namun karena kebaya tetap dicintai wanita Indoesia. dan, perkembangan jaman menghasilkan versi kebaya baru yaitu kebaya gaul.
Trend dan mode berpakaian memang cenderung berubah setiap waktu, dan hal itu juga terjadi pada kebaya yang tetap mendapat label pakaian tradisional namun tampil dalam sosok modern bahkan glamour.
Kebaya gaul muncul sebagai kreativitas dan inovasi tiada henti. Kebaya gaul atau modern menjadi pilihan wanita dewasa ataupun remaja untuk mendukung penampilan mereka dalam acara pesta baik dalam perhelatan perkawinan, wisuda, penganugrahan atas keberhasilan dan bahkan artispun sering memakai kebaya gaul atau fungky.
Kebaya gaul tidak muncul begitu saja, namun terwujud sebagai olah kreativitas dan rasa sehingga memunculkan kebaya yang tidak selalu standar seperti model kebaya yang dipakai oleh nenek kita misalnya berbahan dasar kain broklat berbordir, dengan kerah kartini berleher V dan tangan model lengan panjang yang dipadukan dengan memakai kain panjang yang dikenal denga nama lain jarit dan diberi wiru (berlipat bagian depan).
Kebaya Kontemporen
Saat ini kebaya tampil dengan lebih berani dan kaya padu padan dengan bahan dan asesories yang terkadang tidak terfikirkan sebelumya, namun begitu tampil dan teryata menarik, kita baru menyadari betapa kebaya mampu menjadi pakaian yang selalu menantang para desainer untuk mengeksploitasinya terus menerus. Mari kita lihat kebaya gaul dari sudut pandang model, bahan dan warna.
Dari bahan tidak selalu memakai kain broklat dan berbodir bunga ataupun tema yang feminin, dari bahan dasar batik, kain kaca, bahkan bahan kaos pun ada. Warnanya pun sekarang tidak lagi soft namun warna kuat seperti hitam sering mejadi pilihan kebaya gaul yang elegan.
Sedangkan dari sisi Model luar biasa luas lagi, misalnya kebaya tanpa kerah, kebaya model bolero,model kebaya panjang yang sering dipakai pengantin dengan model belakang yang berjuntai dengan rempel panjang, sampai model harajuku pun ada.
Kebaya Gaul dan Modern
Kebaya gaul yang modern masih kurang pas apabila ditampilkan polos tanpa asessories atau tanpa padu padan. Agar dapat tampil elegan sering kebaya ditambahkan dengan hiasan batu-batuan berwarna-warni untuk disulamkan mengikuti alur kain atau dari kain polos diberi detail ornamen agar tampak bermotif dari borci, benang sulam, bahkan rantai atau kerang-kerang kecil yang sudah diwarna ataupun dibentuk sesuai keinginan.
Sentuhan akhirnya biasanya dalam penampilan dipadukan dengan bawahan kain panjang yang sudah dibentuk menjadi rok panjang, rok mini, sampai dipadukan dengan celana jeans, bahkan legging.
Dengan padu padan inilah kemudian kebaya menjadi pakaian tradisional yang terus mampu bertahan dan dapat memikat hati para wanita muda dan remaja. Memakai kebaya gaul remaja akan kelihatan lebih anggun dan tampil elegan serta tidak akan memerlukan waktu yang lama dalam mempersiapkan penampilan karena meskipun berkebaya tidak harus menata model rambut dengan disanggul atau memakai konde, namun dengan rambut tergeraipun kebaya gaul tampil oke.
Kebaya Tradisional dan Penggunaannya
Jika kebaya tradisional hanya mampu dipakai pada acara khusus dan kalangan tertentu, maka saat ini kebaya gaul bisa mejadi pakaian sehari-hari tinggal menyesuaikan model, bahan serta memadankannya harus pas agar tidak menjadi penggalang dalam beraktivitas.
Dengan konsep demikian niscaya kebaya akan menempati posisi tersendiri bagi wanita Indonesia dan diharapkan juga dengan trend kebaya gaul memberikan kebanggaan tersendiri bagi wanita di mata Internasional dengan konsep melestarikan nilai tradisi bangsa sekaligus meningkatkan kesadaran bahwa segala sesuatu yang berbau tradisional belum tentu terlihat jelek dan kuno asal kita mau kreatif.

0 komentar:

Poskan Komentar